Arafah, Jangan Takut Jadi Ibu

Arafah, keberhasilan elu di Stand Up Comedi Indosiar adalah karena doa-doa ibu elu, salah satunya. Gua salut ama elu, karena selalu nelpon ibu sebelum tampil stand up. Jadi doa ibu terpanjatkan dengan setulus hati. Andai Arafah gantian jadi ibu, anaknya bakalan nerusin sikap ibunya waktu dulu. Elu bakalan ngetawain diri elu sendiri, haha.. “Wah, itu gua waktu abg, lucu, lulucu, lucucucucucu...”

Arafah, Jangan Takut Jadi Ibu

Emang sih, Arafah adalah tipe cewek yang sayang ama ibunya – Maaf, Pak, kali ini gak bahas bapak. Karena Arafah sayang ibunya − maklum, namanya juga anak kandung bukan anak kambing −, sampai mengidolakan atau memberikan tipe cowok yang bakalan jadi suaminya kelak adalah tipe penyayang ibu. Ada tuh cowok tetangga sebelah, sayang ibu banget, Dek. Mau gak, Dek? Ya lumayan, sayang ama ibu kambing. Gila, ampe tiduran ama kambing. Maklum Dek, tinggal di rumah kambing. Cowok itu cowok miskin, sebatang pohon, gak ada sanak-sinik. Maklum, gila akut.

Baca: Rindu Arafah Rianti, Gelisah Wow

Ingat pesan ibu elu, Dek, kalau elu jangan pacaran dulu. Pikirin dulu kuliah ampe lulus. Juga fokus stand up dulu. Ingat ya, Dek! Lagian, gak usah pacaran. Kenalan aja, sampai elu ngerasa cocok. Gua sebel ama tradisi tembak-tembakan. Apa bedanya sih pacaran ama kenalan? Kalau elu sampai pacaran, gua doain, semoga putus dan langsung nikah. Biarin, gua berdoa gini. Habisnya, elu, Fah, gak lihat-lihat kalau ada cowo tampan, kumis tipis, kantong tipis, punya tato tulisan “Dulunya Mantan Preman, Sekarang Mantan Ustad”, naksir elu. Elu malah naksir anak kambing. Elu mau jadi kambing jadi-jadian?

Walau Arafah tipe cewek yang menyayangi ibu, tapi dia takut tuh jadi ibu. Dia kan komika, kemarahannya adalah ladang buat lucu-lucuan. Dia kan pernah ngungkapin, “Jadi komika itu dituntut harus selalu lucu. Makanya gua takut jadi ibu. Nanti gua marahin anak gua, ‘Kamu tuh pulangnya malem-malem terus. Jam berapa ini?’ Terus anak gua bilang, ‘Hayo, ibu, jam berapa ini? Pasti lucu jawabannya. Yuk lucu yuk, gak lucu ganti ibu nih.’” Gua kasihan ama Arafah, sayang ibu tapi malah takut jadi ibu. Jangan takut jadi ibu, Dek... Jadi ibu itu terhormat, punya perhiasan surga di kaki. Tengokin aja kaki elu, Dek, di situ sudah ada goresan surganya belum? Bentuknya retak-retak.

Gua yakin kalau Arafah adalah tipe ibu yang baik hati, penyayang, suka menghibur, sampai marahnya aja bikin anak ketawa. Gimana mau bisa marah, baca puisi aja mirip gelombang ombak di laut atau mirip api lilin yang terkena angin spoi-spoi. Gak usah marah, Dek, kalau anak elu bikin kesel. Diem aja tuh mulut, pasti lucu. Yuk lucu yuk, gak lucu, ganti mulut elu Fah.

Gua seneng banget waktu lihat elu ketemu ibu elu di pentas SUCA, mungkin di 6 dan 4 besar. Gua seneng, karena gua seperti bagian dari keluarga elu, hm... Yang jadi sebel itu, ngapain sih yang ditunjuk Radit Tikus ama Babeh Cabi-Cabian Keribo. Ngerusak suasana aja tuh. TV gua ampe nge-blur sebelah, kena radiasi rambut keribo.

Arafah, idola spesial gua, dengerin kata hati gua. Gua ini adalah sosok yang senang memperhatikan kehidupan elu. Sering-sering lah pamer kehidupan elu ke publik biar gua tahu. Berisi konflik batin elu juga boleh, sekalian berita-berita miring seputar elu. Pasti rame, rame dibuly. Tapi jangan, gua gak tega ngeliat elu nangis karena dibuly. Waktu itu elu ampe nangis-nangis, masuk grand final, gua ampe pengen wadahin air mata elu, biar jadi mutiara Depok.

Elu emang mutiara komika, Fah. Karena yang lainnya adalah batu karang laut. Belum ada komika yang seperti elu kalau yang lainnnya gak seperti elu. So, teruslah berkarya, Dek, jangan puas-puasin karya elu. Biar gak puas, bikin aja cerita sekonyol-konyolnya pikiran orang normal dan senormal-normalnya pikiran orang gila.

Dek Afah, salam buat ibu elu..

cinta segitiga

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya