Langkah Dasar Menulis Puisi Cinta

Apa dasar-dasar belajar menulis puisi cinta? Hal yang umum adalah seputar belajar membuat puisi. Namun di sini titik tekannya adalah seputar puisi cinta. Mengapa saya menghadirkan tips ini lebih kepada puisi percintaan? Ya, di samping sebagai puisi yang banyak dicari pengunjung online juga untuk menegaskan seputar pembelajaran penulisan puisi berdasarkan pengetahuan tentang cinta.


Semua tema puisi pada dasarnya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang ada. Walaupun bentuk puisi terlihat spele, main-main, ternyata membutuhkan pemikiran yang tidak main-main. Tidak akan mendalam makna puisi bila tidak ada pengetahuan yang mencukupi dalam pembuatannya. Untuk itu, berpengetahuan terlebih dahulu baru bisa berpuisi yang berbobot.

Baca: Puisi Cinta Romantis Dalam Tulisan Manfaat

Termasuk dalam hal belajar menulis puisi cinta. Seharusnya bila mau belajar memperdalam puisi cinta, harus diimbangi pengetahuan seputar cinta itu sendiri. Pengetahuan cinta yang di maksud bukan sekedar hasil membaca tulisan, mendengarkan pembicaraan, tetapi juga merasakan sendiri seputar cinta.

Maka dari itu, penting sekali berfokus pada satu tema dalam memaksimalkan pembuatan puisi. Jangan menjadi penulis yang labil, menclok sana-sini, ujungnya tidak ada hasil yang memuaskan.

Lalu bagaimana dasar-dasar dalam belajar menulis puisi? Untuk memperdalam pembahasan yang di atas, saya akan mencoba membuat poin penting sebagai dasar belajar menulis puisi yang secara khusus pada percintaan alias puisi cinta.

Menguasai Kosakata Bahasa Indonesia

Pada dasarnya, semua jenis penulisan harus mampu menguasai kosataka bahasa sesuai bahasa tulisan yang dipakainya. Namun bila menyangkut puisi, penguasaan kosakata bahasa memang sangat penting. Hal ini menyakut pemilihan kata untuk ketepatan dalam merangkai kata, pembuatan majas dan hal lainnya yang penting untuk keindahan sebuah puisi.

Bila mau membuat puisi berbahasa Indonesia, tentu wajib menguasai kosakata bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa sangat penting untuk membangun puisi bermakna mendalam, multi tafsir, dan yang memiliki keindahan. Saya sendiri masih kesulitan dalam hal pembuatan puisi hanya karena kurang penguasaan dalam kosakata.

Apakah harus menghafal kosakata bahasa Indonesia? Harus. Namun cara penghafalannya bukan hanya sekedar penghafalan biasa tetapi harus dibuatkan puisi. Cara penghafalan terbaik adalah terlebih dahulu memilih kata-kata yang dianggap asing yang bisa menambah keindahan. Lalu pengumpulan kosakata tersebut dimajinasikan sebisa mungkin untuk tiap puisi.

Hal penting, anda harus paham kosakata yang biasa dipakai dalam dunia cinta, baik baku atau non baku. Bahkan bukan sekedar bisa memahami kosakata tetapi juga kata istilah yang biasa dipakai dalam dunia cinta. Apa makna “Jatuh Cinta”, “Patah Hati”, “Gebetan” dan sebagainya harus paham bila mau membuat puisi yang kaya.

Menguasai Gaya Bahasa

Dalam membuat puisi, saya tidak paham pembuatan puisi berdasarkan dengan rima dan irama. Saya lebih bisa membuat puisi dengan bebas. Hal ini berdasarkan aturan baru dalam dunia puisi yang lebih menekankan pembebasan. Walaupun menitikberatkan pada pembebasan, tetap hal penting “gaya bahasa” jangan sampai terlewatkan atau tidak dikuasainya. Gaya bahasa bisa dibilang adalah majas. Anda harus paham bagaimana jenis-jenis majas dan mengolahnya. Membuat kalimat atau kata majas tidak ada aturan baku, murni hasil inspirasi manusia sehingga pembuatannya memang menyulitkan, perlu kesabaran.

Gaya bahasa inilah yang mampu menyelaraskan antara puisi dengan aturan rima-irama dan puisi gaya bebas. Walaupun membuat puisi gaya bebas, tetapi kalau diselipi gaya bahasa, bisa menimbulkan efek tulisan yang terkesan indah.

Contoh puisi cinta yang memiliki gaya bahasa atau majas. Perhatikan kalimat yang diberi tanda blok.

Rindu ditelaga udara. Jarak kian beradu dengan kesetiaan, berputar, berhitung, mencari pemenang. Pandangan menengadah ke lingkaran langit. Gunung Ciremai pun menyeringai, balutan awan tak memberi jawaban. Sampai nafas-nafas adalah luapan rindu yang mendidih. Tak sanggup berlama dalam penantian. Semua manusia berkata, “Cinta memeluk bayangan dan menjadi nyata”. Sepantasnya, cinta adalah penyatuan.
Wanita bukan burung Istana. Seolah dunia adalah batas tembok dan tirai raga yang menyekap rasa dan warna. Cinta bukan tanpa kompromi, hanya hak titah Sang Raja. Wanita punya logika bicara: 2-1 sama dengan “kepincangan”. Cinta adalah harmonisasi aneka warna kehidupan. Sampaikan pada Sang Raja, titah wakil rakyat berbicara.
Angin menyapa mesra, makhkota berkibar layu. Di ujung lukisan langit merah, gadis geulis gundah menunggu. Waktu kian menipis, ketika pernikahan adalah harapan. Sang masa lalu masih saja tak memihak, seolah lupa mengukir sajak: “cinta adalah kebutuhan dan takdir adalah kepastian”. Gadis geulis masih menanti harapan di sela penantian pelukan sang masa depan.

Ketika membuat puisi dengan memperhatikan gaya bahasa atau majas, maka akan menghasilkan puisi yang kaya makna. Satu puisi bisa menghasilkan tarsir yang berbeda. Ketika berhasil membuat puisi yang kaya makna, tandanya anda berhasil membuat puisi yang sesungguhnya. Pada dasarnya puisi adalah mengajak pembaca untuk ikut menafsiri bukan mengajaknya untuk mengikuti tafsir si pembuat puisi. Anda bisa melihat contoh penafsiran puisi cinta pada artikel Resensi Puisi Tak Purnama Rembulan.

Membuat majas memang sulit. Di samping harus menguasai kosakata, pengetahuan dan juga imajinasi. Saya sendiri kalau membuat gaya bahasa puisi membutuhkan perenungan dalam waktu yang lama walaupun hanya untuk satu kalimat.

Menguasai Pengetahuan Cinta

Pendalaman suatu tulisan akan lebih terasa bila sebagai penulis menguasai seputar tema yang ditulis. Untuk itu, sebelum belajar menulis alangkah baiknya menguasai tema yang akan ditulis. Hal terbaik adalah beriringan belajar menguasai keduanya. Bila mau belajar membuat puisi cinta, bisa sejalan dengan penguasaan seputar pengetahuan cinta.

Di sinilah anda akan paham bahwa konsistensi spesifikasi penulisan sangat penting. Bila anda berniat mau membuat puisi seputar percinaan, harus fokus pada hal pengetahuan percintaan. Bila tema cinta masih luas, anda harus pangkas kembali ke spesifikasi seputar cinta seperti cinta hanya pada lawan jenis.

Menguasai pengetahuan seputar cinta sangat penting untuk memperkaya kosakata dan gaya bahasanya. Hal ini akan membuat puisi anda terlihat mendalam, kata makna.

Detail di Wikipedia

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya

0 Response to "Langkah Dasar Menulis Puisi Cinta"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar